Selasa, 25 Maret 2008

PENGALAMAN PRIBADI

PERKEMBANGAN PSIKOLOGI REMAJA

PENGALAMAN PRIBADI

Tingkatan Perkembangan Psikologi bermula dari anak-anak kemudian ke-perkembangan setelahnya yang kita kenal dengan perkembangan psikologi remaja. Ketika seseorang mulai mengalami masa-masa remaja, maka saat itulah mulai muncul cirri-ciri perkembangan remaja.diantara ciri perkembangan remaja antara laina dalah si remaja tersebut tidak dapat menerima kondisi keadan dirinya. Atau yang biasa kita kenal “Ga PD”.

Berikut ini saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya saat remaja sekarang ini. Kendala yang saya alami sejak saya berada di bangku sekolah hingga sekarang ini adalah kurang percayadiri-nya saya dalam mengemukakan suatu pendapat dan tampil di khalayak ramai, sedangkan di bangku kuliah sekarang ini rasa tidak percayadiri itu seakan meningkat, apalagi jika saya berhadapan dengan orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yanglebih sehingga mereka dapat mengemukakan pendapat dalam suatu diskusi, sedangkan saya ini merasa bodoh sekali di hadapan mereka dan merasa kecil sekalai dibanding dengan mereka. dan kebanyakan dari teman laki-laki saya, mereka memiliki pengetahuan yang lebih sehingga mereka dapat mengemukakan pendapat dalam suatu diskusi dan saya melihat kata-kata mereka sedikit pun mereka tidak terlihat dan tidak mengalami kegugupan sedangkan saya sendiri menyadari bahwa saya merasa ciut apabila berbicara di khalayak ramai, ini saya akui mungkin karena kurang terbiasanya saya tampil di depan umum.akan tetapi sedikit demi sedikit saya memulai mmbiasakan berbicara di depan umum, walaupun merasa gugup dan terdapat banyak kesalahan. Demikianlah perkembangan masa-masa remaja itu hingga saya masih rasakan sekarang ini.

Tidak ada komentar: